NU Online Demak
Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) merupakan kegiatan awal tahun ajaran baru yang sudah menjadi tradisi di setiap madrasah khususnya untuk menyambut siswa-siswi baru. MA Asy-Syarifah Brumbung Mranggen Demak melaksanakan kegiatan Matsama dengan penuh semangat dan antusias. Pelaksanaannya berlangsung empat hari, (15-18 Juli 2024).
Tujuan MATSAMA tentunya untuk membantu siswa-siswi baru beradaptasi dengan lingkungan madrasah dan pondok pesantren Asy-Syarifah 2, untuk saling mengenal antar rekan sekelas, memperkenalkan beragam program pendidikan, sarana dan prasarana madrasah serta mempromosikan ekstrakurikuler yang ada.
Dimulai dengan acara apel oleh seluruh civitas Madrasah dan dibuka langsung oleh Kepala Madrasah Nur Salim. Dalam amanatnya pesan penting yang disampaikan diantaranya tentang kedisiplinan dan tanggung jawab sebagai warga baru madrasah.
“Kegiatan Matsama ini sangat penting dalam membangun pondasi positif bagi siswa-siswi baru. Kami berharap melalui kegiatan ini, para siswa-siswi atau santri akan semakin termotivasi untuk belajar, mengembangkan potensi diri, dan menjadi pribadi yang bertanggung jawab serta berkontribusi dalam kebaikan untuk diri sendiri, keluarga, madrasah, dan negara,” ungkapnya.
Nur Salim menambahkan kegiatan MATSAMA dilaksanakan secara indoor yaitu di Aula Asy-Syarifah, diisi beberapa materi pembekalan peserta didik baru, berupa Pengenalan Madrasah dan Pesantren, Pengenalan Kurikulum Merdeka, Kedisiplinan dan tata tertib Madrasah, Santri dan Persaudaraan, dan kegiatan-kegiatan lainnya.
“Sesuai jadwal pelaksanaan MATSAMA ditutup dengan diisi penampilan pentas seni/kreasi oleh beberapa ekstrakurikuler. Hal ini dapat menumbuhkan rasa percaya diri peserta didik baru untuk proaktif dalam berorganisasi,” pungkasnya.
Lebih lanjut, Nur Salim mengatkan Matsama ini diharapkan semoga para siswa baru akan lebih siap untuk menghadapi tahun ajaran baru dan menjadi generasi muda yang berdaya saing tinggi juga menjadikan kegiatan ini yang inspiratif dan mengedukasi.
Pengirim: Narto/Red