Rabu Pon, 18 Sept 2024 / 14 Rabiul Awwal 1446 H
x
Banner

Tingkatkan Kompetensi, Ustadz-Ustadzah TPQ Fadloilusy Syukriyyah Demak Ikuti Diklat Muqri’ Yanbu’a

waktu baca 2 menit
Ika Fitriani
Kamis, 12 Sep 2024 07:05
0
396

DemakNU Online Demak

Sebanyak 9 Asatidzah TPQ Fadloilusy Syukriyyah(FS) Demak mengikuti Diklat Muqri’ Yanbu’a yang bertempat di gedung pengajian Arwaniyyah Purwosari Kudus, pada hari Senin (9/9/2024).

“Kegiatan Diklat ini diselenggarakan oleh Lajnah Muqorrobah Yanbu’a Pusat (LMY) dimana Muqri dan Diklat ini secara langsung dipandu oleh narasumber KH Ulil Albab Arwani pimpinan Pondok Pesantren Yanbu’ul Quran Kudus. KH Ulil Albab Arwani juga penulis Kitab Yanbu’a, Thoriqoh baca, Tulis dan Menghafal Al Quran,” ungkap Ika Fitriani selaku Ustadzah TPQ FS yang mengikuti Diklat.

Menurutnya Yanbu’a merupakan metode baca, tulis, dan menghafal Al Quran dengan cepat mudah dan benar bagi anak-anak maupun dewasa. Bagi yang sudah bisa membaca Al Quran ini akan meningkatkan kefasihan, juga bisa diajarkan ke anak didiknya di TPQ atau Madin agar lebih cepat dipahami.

“Kegiatan pelatihan ini sebagai forum untuk meningkatkan peran dan kontribusi ustadz ustadzah dalam pembinaan umat. Kegiatan ini diharapkan pula dapat melahirkan generasi-generasi pemelihara Al-Quran yang mampu membaca Al-Quran dengan baik dan benar,” imbuhnya.

Lebih lanjut Ika menuturkan bahwa kegiatan Diklat dimulai pukul 06.00- 17.00 WIB. Ya kegiatan Diklat ini dimulai pukul 06.00 diawali dengan registrasi bagi peserta, dilanjut pembacaan sanad panitia. Kemudian disambung pembukaan oleh Dr. KH. Ahmad Faiz, Lc, M.A selaku Ketua LMY Pusat,” jelas Ika.

Pemaparan materi Yanbu’a jilid 1-5 oleh Bu Nyai Hj. Zuhaida dan memasuki materi terakhir Jilid 6 dipandu oleh Romo KH. M. Ulil Albab Arwani sekaligus tanya jawab, doa, dan penutup.

Kegiatan Diklat ini diikuti kurang lebih 600 peserta dari berbagai Provinsi, ada yang dari Jawa Tengah, Jawa Timur, ada pula yang dari Jawa Barat.

Kontributor: Ika/Red

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan *Batas waktu terlampaui. Harap lengkapi captcha sekali lagi.

LAINNYA
x